Pengertian Personal Branding

Dalam kehidupan, seperti dalam bisnis, branding lebih efektif, kuat, dan berkelanjutan daripada penjualan dan pemasaran dan cara yang efektif untuk menghilangkan pesaing Anda. Ini tentang mempengaruhi orang lain, dengan menciptakan identitas brand yang mengaitkan persepsi dan perasaan tertentu dengan identitas. Branding tidak hanya untuk perusahaan lagi. Ada sebuah tren baru yang disebut personal branding. Sukses Personal Branding memerlukan persepsi secara efektif mengelola dan mengendalikan dan mempengaruhi bagaimana orang lain memandang Anda dan memikirkan anda. Memiliki personal pranding yang kuat tampaknya menjadi aset yang sangat penting di hari ini baik secara online, virtual, Hal ini menjadi semakin penting dan merupakan kunci sukses individu. Ini adalah strategi posisi di belakang dunia orang paling sukses, seperti Oprah Winfrey, Michael Jordan, Donald Trump, Richard Branson dan Bill Gates. Karena itu penting untuk merek Anda sendiri dan menjadi CEO dari kehidupan Anda. 

Banyak definisi personal branding yang bisa ditemukan dalam literature seperti (Peters, 1997; Hansen, 2007; Montoya, 2005a; McNally & Speak, 2003, Aruda, 2007): 
  • Sebuah persepsi atau emosi yang dijaga dalam kondisi baik oleh diri sendiri dan bukan orang lain. 
  • Sebuah refleksi tentang siapa diri kita dan apa yang kita percayai dan diekspresikan dengan apa yang kita lakukan dan bagaimana kita melakukannya. 
  • Mempengaruhi bagaimana orang lain memandang anda. 
  • Tentang orang lain memandang nilai yang anda miliki 
  • Mencipakan sejumlah harapan dan asosiasi dalam pikiran target audiens 
  • Sebuah gambaran tentang diri sendiri yang diinginkan dalam semua kegiatan yang dilakukan 

Mempunyai personal brand yang kuat mempunyai keuntungan sebagai berikut: 
  • Merangsang persepsi yang bermakna tentang nilai dan kualitas yang dimiliki 
  • Memberitahu orang lain tentang siapa diri kita, apa yang kita lakukan, apa yang membuat kita berbeda, bagaimana kita membuat nilai untuk mereka dan apa yang mereka harapkan ketika mereka berhubungan dengan kita 
  • Mempengaruhi orang lain tentang persepsi kita 
  • Membuat calon customer untuk melihat kita sebagai satu satu nya solusi untuk problem mereka. 
  • Menempatkan diri kita diatas kompetisi dan membuat kita unik dan lebih baik dari competitor dalam dunia usaha. 

Personal Branding adalah tentang pengaruh–kemampuan untuk mempengaruhi keputusan, membeli, tingkah laku seseorang. Beberapa keuntungan dari Great Personal Brand: 

1. Menjadi “top of mind” 
2. Meningkatkan wewenang dan kepercayaan dalam keputusan 
3. Menempatkan diri dalam peran leadership 
4. Meningkatkan prestis 
5. Mendapatkan pengakuan 
6. Membuat mencapai tujuan 

Personal Branding pada dasarnya adalah bagian dari branding secara umum, jadi teori atau framework yang digunakan pada branding dapat diterapkan juga untuk personal branding. Dari beberapa teori yang ada yang akan dipakai adalah Eight Laws of Personal Branding dan Customer-Based Brand Equity. 

1 Response to "Pengertian Personal Branding "

  1. Merk akan diri yang menjadi kebanggaan pribadi, yang menjadi harga jual diri...mantap arti pengetahuan makasih

    ReplyDelete