Ketepatan Waktu, Kualitas dan Produktivitas

Ketepatan Waktu, Kualitas,  dan Produktivitas

Banyak faktor dalam suatu proses pekerjaan yang tidak secara langsung berkaitan dengan pengukuran biaya. Hal ini tidak berarti bahwa faktor-faktor ini tidak penting sebagai gambaran tingkat kinerja dari pegawai.

Pengukuran  secara  tidak  langsung  dapat  menjadi  penting  jika  digunakan secara tepat. Beberapa kasus dalam kegiatan sumber daya manusia tidak terlibat langsung dengan analisa biaya. Efektifitas merupakan suatu masa yang menuju pada produktivitas dan efisiensi. Untuk menaksir efektivitas dari suatu fungsi, kita membutuhkan pengukuran yang berkaitan dengan waktu, kualitas dan kuantitas. 

Produktivitas adalah suatu ukuran mengenai apa yang diperoleh dari apa yang diberikan (Atmosoeprapto, 2001). Dalam rumus tersebut, hasil-hasil yang dicapai mencakup pengertian kuantitatif maupun kualitatif. Tidak cukup hanya sekedar menghasilkan lebih banyak dari sejumlah sumber daya yang diberikan. Kualitas dari apapun yang dihasilkan harus memenuhi baku yang telah ditetapkan yang diharapkan oleh konsumen atau klien serta sesuai waktu yang direncanakan. Pengukuran tidak langsung dapat dirubah menjadi langsung melalui berbagai macam proses sederhana.

Semua pengukuran, baik langsung maupun tidak langsung secara garis besar dapat dipakai paling sedikit untuk dua hal, yaitu: (1) Membantu mengatur dan mengontrol organisasi, dan (2) Membuat kesepakatan dengan orang lain diluar kelompok. Dalam mengevaluasi efektivitas karyawan, hal yang penting adalah mengevaluasi pengaturan sistem dan prosedur yang ada (Jac Fitz, 1986).
Incoming search term: