Warga Negara, Wilayah Negara, dan Pemerintahan Negara

Warga Negara, Wilayah Negara, dan Pemerintahan Negara

Administrasi Negara adalah administrasi mengenai negara. Negara adalah suatu organisasi di antara sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang secara bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok  manusia yang ada di wilayahnya. Negara adalah pengorganisasian masyarakat  yang berbeda dengan bentuk organisasi lain karena negara memiliki kekuasaan. 

Untuk dapat menjadi suatu negara harus ada rakyat, yaitu sejumlah orang yang menerima keberadaan suatu negara. Syarat lain keberadaan negara adalah adanya suatu wilayah tertentu tempat negara tersebut berada. Hal lain adalah pemerintah yang berdaulat, yakni negara yang diakui oleh warga negaranya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas diri mereka pada wilayah tempat negara tersebut berada.

Keberadaan negara adalah untuk memudahkan anggotanya  mencapai tujuan bersama yang dirumuskan dalam suatu dokumen, yakni konstitusi. Negara dibutuhkan oleh rakyat untuk menjamin suatu hidup yang bahagia, tenteram dan damai.

Beberapa elemen yang membentuk pengertian negara antara lain :
1. Warga Negara
Unsur warga negara sangat penting dalam suatu negara manusia sebagai individu yang dan anggota masyarakat yang berkepentingan agar organisasi berjalan baik. Menurut pasal 26 UUD 1945 yang menjadi warga negara adalah orang bangsa Indonesia dan orang bangsa lain yang disahkan  dengan Undang-undang sebagai warga negara.

2. Wilayah Negara
Wilayah negara diartikan sebagai ruang yang batas negara dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/atau aspek fungsional. Wilayah suatu negara umumnya terdiri dari  wilayah daratan, wilayah lautan, dan wilayah udara.

3. Pemerintahan negara
Istilah pemerintahan negara secara konseptual dapat dibedakan dalam arti sempit dan arti luas. Pemerintahan Negara dalam arti sempit  adalah lembaga negara yang menyelenggarakan kekuasaan eksekutif. Sedangkan dalam arti luas adalah keseluruhan lembaga negara yang menyelenggarakan administrasi negara  sesuai dengan wewenangnya masing-masing untuk mencapai tujuan negara. 

Ciri khusus dari pemerintahan dalam negara adalah pemerintahan memiliki kekuasaan atas semua anggota masyarakat yang merupakan penduduk suatu negara dan berada dalam wilayah suatu negara. Ada 4 (empat) teori tentang kedaulatan yang dimiliki oleh negara, yakni teori kedaulatan tuhan, kedaulatan negara, kedaulatan hukum dan kedaulatan rakyat.