Visual Basic adalah

Visual Basic
Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh computer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman visual basic, yang dikembangkan oleh microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya, yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner's All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual basic merupakan salah satu development tool, yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi windows.
Visual basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming, OOP). Agar dapat menggunakan Visual Basic, kita harus memahami IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan kerja dari visual basic 6.0 itu sendiri. Beberapa    kemampuan atau manfaat dari Visual Basic diantaranya seperti :
1.      Mendukung pembentukan program aplikasi dengan system GUI ( Graphical
User Interface )
2.      Mendukung pembentukan program aplikasi berbasis windows
3.      Untuk membuat obyek – obyek pembantu seperti misalnya control Active X,
file Help, Aplikasi Internet, dan sebagainya.
4.      Menguji program (debugging) dan menghasilkan program akhir berakhiran
EXE yang bersifat executable, atau langsung dapat dijalankan.
Tampilan IDE Visual Basic 6.0 adalah sebagai berikut.


Tampilan Awal Visual Basic 6.0

IDE Visual Basic 6.0 dibagi menjadi delapan bagian besar, yaitu menu, toolbar, toolbox, project explorer, properties window, form layout window, form, dan kode editor.
Incoming search term:
  • 0 Response to "Visual Basic adalah"

    Post a Comment