Pengertian Konsep Pemasaran

Konsep Pemasaran
Basu swasta ( 1984, hal. 6 ) konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen atau berorientasi pada konsumen ( consumer oriented ).

Basu Swasta dan T. Hani handoko ( 1982, hal. 5 ) tiga unsur pokok dalam konsep pemasaran, adalah :
1.      Orientasi pada konsumen
      Perusahaan yang ingin melaksanakan konsep orientasi konsumen harus  :

a.  Menentukan kebutuhan pokok pembeli yang akan dilayani dan    dipenuhi.
b.  Memilih   sekelompok    tertentu    sebagai   sasaran    penjualan,     karena perusahaan tidak mungkin dapat memenuhi semua kebutuhan pokok konsumen.
c.  Menentukan    produk    dan     program     pemasarannya    sesuai   dengan  kelompok pembeli yang dipilih sebagai sasaran bagi perusahaan.
d.  Mengadakan  penelitian  pada  konsumen   untuk  mengukur,  menilai  dan menafsirkan keinginan, sikap, serta perilaku mereka.
e.  Menentukan  strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik.

2.      Penyusunan kegiatan pemasaran secara Intergral                                            ( Intergral Marketing ).
      Pengintegrasian kegiatan pemasaran berati bahwa setiap orang dan setiap bagian dalam perusahaan turut berkecimpung dalam usaha yang terkoordinir untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, sehingga tujuan perusahaan dapat direalisir.


3.      Kepuasan konsumen ( Consumer Satisfaction )
      Faktor yang menentukan perusahaan dalam jangka panjang akan mendapatkan laba. Ini berarti bahwa perusahaan harus berusaha memaksimalkan kepuasan konsumen, sehingga perusahaan memperoleh keuntungan yang optimal. Perkembangan masyarakat dan teknologi telah menyebabkan perkembangan konsep pemasaran. Perusahaan tidak lagi berorientasi kepada konsumen saja, tetapi juga harus berorientasi kepada masyarakat.

0 Response to "Pengertian Konsep Pemasaran"

Post a Comment