Apakah arti dari administrasi

Pengertian Administrasi

Sebelum membicarakan arti managemen, akan di bicarakan terlebih dahulu arti administrasi, sebab kata administrasi dan managemen mempunyai pengertian yang saling kait mengait satu sama lain. Jelasnya mempelajari ilmu managemen berarti mempelajari ilmu administrasi, demikian pula mempelajari ilmu administrasi terkait pula untuk mempelajari ilmu managemen.
           
            Apakah arti dari administrasi itu?
Administrasi dapat dibedakan dalam 2 pengertian yaitu:
Administrasi dalam arti sempit, yaitu dari kata Administratie (Bahasa Belanda), yang meliputi kegiatan: catat mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan (clerical work). Jadi Tata Usaha adalah bagian kecil kegiatan dari pada administrasi yang akan di pelajari.
Administrasi dalam arti luasdari kata Administration (Bahasa Inggris)
Dibawah ini akan di kemukakan beberapa pendapat, arti atau definisi dari pada administrasi dalam arti luas, yaitu:
Menurut Leonard D. White, dalam bukunya: Introduction to the study of public administration, memberkan definisi sebagai berikut:
“Administ ration is a process common to all group effort, public or private, civil or military, large scale or small scale….etc.” Administarasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok, Negara atau swasta, sipil atau militer, usaha yang besar atau yang kecil….dan sebaginya.
H.A. Simon dan kawan-kawan, dalam bukunya: Public administration, memberikan definisi sebagai berikut: “ Administration as the activities of groups cooperating to accomplish goals” (Administrasi sebagai kegiatan dari pada kelompok yang mengadakan kerja sama untuk menyelesaiakan tujuan bersama)
William H. Newman, dalam bukunya: Administrative Action mengemukakan: “Administration has been defined as the guidance, leadership and control of the effort of a group of individuals towards some common goal.” (Administrasi di definisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan dari pada usaha-usaha kelompok individu-individu terhadap tercapainya tujuan bersama.
Setelah mengetahui beberapa definisi administrasi, maka cirri-ciri administrasi tersebut diatas dapat di golongkan atas:
Adanya kelompok manusia, yaitu kelompok yang terdiri atas 2 orang atau lebih;
Adanya kerja sama dari kelompok tersebut;
Adanya kegiatan/proses/usaha;
Adanya bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan;
Adanya tujuan.

0 Response to "Apakah arti dari administrasi"

Post a Comment